var id = "4f49fda0223fa9b56a35c74cb8c1612b65ef8c33"; class="post-template-default single single-post postid-176 single-format-standard">

Cara Mudah Index Di Google #Part1 #BelajarGratis

Belajar-SEO-Mulai-Dari-Dasar
Design by Imgly.net – Belajar SEO

Apasih pengertian Index dan Deindex?

Pengertian dari Google Index (Indexing)?
Kali ini saya akan mencoba membahas tentang dasar terlebih dahulu, agar kalian semua paham sebelum mengetahui apa itu Google Indexing, ada beberapa istilah yang dikenalkan oleh Google terkait Indexing dan kalian harus mengetahui berbagai istilah yang sering disebut di dalam Google Indexing, dapat dijabarkan sebagai berikut:

  1. Crawling: Merupakan suatu proses yang terjadi dimana Google spider melakukan pencarian sumber di Internet dan memeriksa setiap setiap kode ataupun konten yang ditemukan setiap URL
  1. Indexing: Merupakan sebuah proses mesin pencari menyimpan dan mengorganisir konten yang ditemukan untuk kemudian di index dan akan dimunculkan saat ada pencarian yang relevan.
  1. Serving & Ranking: Merupakan proses pengurutan dan memberikan konten mana yang lebih relevan dengan pencarian user.

Indexing vs Deindex Google?

Jika Indexing adalah proses kerja mesin pencari dalam hal merayapi (Crawling), menyimpan (Indexing), mengorganisir, sampai proses mengurutkan berdasarkan tingkat ke relevanan dari hasil banyaknya pencarian. Nantinya artikel akan dimunculkan oleh Google ketika para pencari artiker melakukan pencarian yang relevan, jika dalam arti deindex maka sebaliknya.

Deindex adalah proses dimana mesin pencari tidak dapat merayapi (Crawling), menyimpan (Indexing), mengorganisir, konten pada halaman website. Sehingga tidak bisa ditampilkan di mesin pencari meski telah melakukan pencarian berkali-kali.

Google terkadang melakukan deindex kepada website yang bermasalah akibat beberapa hal, seperti sengaja dalam melakukan tindakan pelanggaran guideline yang telah ditetapkan oleh Google, rendahnya kualitas konten, hingga berbagai hal lainnya. Hal ini dengan tujuan memberikan pengalaman terbaik kepada para penggunanya.

Cara Kerja Mesin Pencari Google?

Bagaimana Cara Kerja Mesin Pencari Google? Berikut berdasarkan web developer beginner google search, Bahwa Google mendapatkan banyak informasi dari berbagai sumber, diantaranya melalui:

  • Melalui Halaman web
  • Google juga Menelusuri Konten yang dikirimkan pengguna seperti kiriman pengguna Google Bisnisku dan Maps
  • Dari Pemindaian buku
  • Pemindaian Database publik yang ada di internet
  • Dan Banyak dari sumber lain yang tidak di jelaskan secara detail di penjelasan google

Cara Mengecek Google Indexing

Berikut cara mengetahui apakah domain website telah ter-index oleh Google atau belum. Caranya melakukan uji coba query berikut “site:namadomainanda.com” pada kolom pencarian Google.

Sedangkan, jika ingin mengetahui apakah artikel yang ditulis telah terindex atau belum, maka query yang bisa Anda lakukan menulis “site:namadomainanda.com/url-artikel” atau bisa juga “site:namadomainanda.com judul artikel” 

indexing-google-contoh
Contoh hasil penggunaan query site

Bagaimana Cara Mudah Index di Google? Menggunakan WordPress

  1. Install Plugin Yoast SEO, karena tools ini sangat berguna dan powerfull untuk mengelola agar mudah menjadikan website kita ter-index. Berikut contoh capture dashboars Yoast SEO.
dashboard-yoast-seo
Wizard page Yoast SEO

2. Aktifkan semua fitur penting yang ada di setting “features”

features-yoast-seo
Tampilan menu “features”

3. Cek keberadaan situs XML blog kalian, klik tanda tanya pada text “XML sitemaps”

xml-sitemaps
Cek keberadaan XML

4. Klik “see the XML sitemap”, akan keluar link sitemap kalian seperti gambar berikut

link-sitemaps-biar-mudah-index
Halaman sitemap index

5. Cukup sampai sini sebenernya sudah langsung terindex di halaman google. Tapi berikut tips tambahan agar lebih cepat dalam proses crawling googlenya. Masuk ke website GSC (Google Search Console), daftarkan domain kalian.

indexing-google-with-gsc
Pendaftaran domain ke GSC

6. Setelah kalian mendaftarkan domain kalian dan verifikasi. Langkah selanjutnya yaitu kirim semua “link sitemap” kalian di menu “Sitemaps”

google-search-console
Dashboard GSC – Submit Sitemaps

7. Taraa. Selesai sampai tahap akhir. Silakan ditunggu dan cek lagi biasanya kurang dari 1-2 Hari maks, website kalian akan terindex.

Yuk Belajar Bareng SEO Blog Bareng!
Link Telegram Join: OTW next Part ya..


Sekian, Pembahasan Cara Mudah Index Di Google #Part1 #BelajarGratis. Saya hanya blogger biasa dan siap menerima kritik dan saran. Semua berdasarkan pengalaman pribadi dan sumber dari developer web google terkait penjelasan indexing. Terimakasih telah mampir sobat, selalu negatif jaga kesehatan, jangan lupa tinggalkan komentar hehe. Gratis!

About the author: admin

Related Posts

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *